Training Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit

Mitra Sukses Insani

ISO 18001

Training Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit

Training Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit

Training Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit Oleh Msi-Consulting

Latar Belakang

Training Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit. Sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2016 tentang keselamatan dan kesehatan kerja rumah sakit. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan sarana utama untuk pencegahan kecelakaan kerja, Rumah Sakit  merupakan tempat kerja  dengan berbagai macam ancaman bahaya yang dapat menimbulkan dampak kesehatan dan kecelakaan,  tidak hanya terhadap para pelaku langsung yang bekerja di Rumah Sakit , tapi juga terhadap pasien maupun pengunjung Rumah Sakit.

Potensi bahaya  banyak terdapat di Rumah Sakit dan mengakibatkan kerugian baik dari kerugian pada rumah sakit, karyawan, pasien, pengunjung maupun masyarakat sekitar. Selain penyakit-penyakit infeksi juga ada potensi bahaya-bahaya lain yang mempengaruhi  situasi dan kondisi di Rumah Sakit, yaitu kecelakaan (peledakan, kebakaran, kecelakaan yang berhubungan dengan instalasi listrik, dan sumber-sumber cidera lainnya), radiasi, bahan-bahan kimia yang berbahaya, gas-gas anestesi,  gangguan psikososial dan ergonomi.

Upaya untuk mencegah hal tersebut adalah dengan menerapkan suatu konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Untuk itu pencegahan kecelakaan kerja, cacat dan kematian sehingga akibat kecelakaan kerja yang bersumber dari potensi bahaya yang ada yang dapat dicegah.

Workshop  Manajemen Risiko Berwawasan K3 Rumah Sakit ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan secara terpadu kepada para peserta untuk melakukan  Risk Assessment berwawasan K3 baik melalui teknik HIRADC, Risk Register, FMEA maupun  HVA  , serta melakukan kegiatan k3 lainnya yang diperlukan oleh setiap rumah sakit.

Manfaat Training Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit

Secara garis besar tujuan program ini diantaranya setelah menyelesaikan program pelatihan ini diharapkan peserta mampu:

  • Peserta diharapkan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep manajemen bahaya dan risiko K3.
  • Mampu melakukan analisis bahaya dan penilaian risiko ditempat kerja.
  • Peserta mampu mengembangkan sistem pengendalian bahaya dan risiko di perushaan.
  • Memahami apa yang dimaksud HIRADC, Risk Register, FMEA maupun HVA
  • Mampu melakukan analisis bahaya dan penilaian risiko ditempat kerja dengan metode/teknik HIRADC, Risk Register , FMEA dan HVA
  • Peserta mampu mengembangkan sistem pengendalian bahaya dan risiko di perusahaan dengan metode/teknik HIRADC, Risk Register , FMEA dan HVA

Target Peserta Training Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit

Setiap orang yang tertarik dengan permasalahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit, dapat mengikuti Training Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit seperti :

  • Management Representative (MR)
  • Wakil Manajemen SMK3 di Rumah sakit
  • Auditor Internal SMK3
  • Personil   yang   terlibat   dalam   Pelaksanaan  SMK3 rumah sakit
  • Staf Instalasi Kesehatan Lingkungan
  • Sanitasi,IPSRS, Instalasi K3, Keamanan, Bagian Umum, Bagian SDM
  • Akademisi
  • Mahasiswa
  • Fresh Graduate yang ingin mendalami mengenai Risk Manajemen K3

Materi Training Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit

  1. Konsep dasar manajemen risiko
  2. Manajemen Risiko K3 di Fasyankes dan RS.
  3. Identifikasi-analisis bahaya serta penilaian risiko ditempat kerja.
  4. Pengendalian bahaya dan risiko di lingkungan kerja.
  5. Perangkat manajemen Risiko :
    • HIRADC
    • JSA
    • Risk Register
    • FMEA
    • HVA
  6. Komunikasi dan Konsultansi
  7. Pengembangan Manajemen Risiko
  8. Implementasi Manajemen Risiko K3 Dalam Penjaminan Mutu RS

NB :
Untuk Inhouse :  materi di atas ditambah dengan materi yang Bapak/ Ibu butuhkan, kami akan berikan materi sesuai dengan TNA / kebutuhan Perusahaan Bapak/ Ibu

Instruktur/Trainer

  • MSI Consultant & Team.

Durasi Training

  • Offline : 2 hari (efektif 14 jam). Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.
  • Online : 1 hari. Mulai pukul 09:00 – 16:00 WIB.

Jadwal Training

  • Jakarta, 9 – 10 Januari 2024
  • Bandung, 23 – 24 Januari 2024
  • Depok, 30 – 31 Januari 2024
  • Jakarta, 6 – 7 Februari 2024
  • Bandung, 20 – 21 Februari 2024
  • Jakarta, 5 – 6 Maret 2024
  • Depok, 19 – 20 Maret 2024
  • Jakarta, 23 – 24 April 2024
  • Bandung, 29 – 30 April 2024
  • Depok, 7 – 8 Mei 2024
  • Jakarta, 21 – 22 Mei 2024
  • Bandung, 28 – 29 Mei 2024
  • Depok, 4 – 5 Juni 2024
  • Jakarta, 18 – 19 Juni 2024
  • Bandung, 25 – 26 Juni 2024
  • Jakarta, 9 – 10 Juli 2024
  • Depok, 23 – 24 Juli 2024
  • Bandung, 30 – 31 Juli 2024
  • Jakarta, 6 – 7 Agustus 2024
  • Bandung, 20 – 21 Agustus 2024
  • Depok, 27 – 28 Agustus 2024
  • Jakarta, 10 – 11 September 2024
  • Bandung, 17 – 18 September 2024
  • Jakarta, 24 – 25 September 2024
  • Depok, 1 – 2 Oktober 2024
  • Jakarta, 15 – 16 Oktober 2024
  • Bandung, 29 – 30 Oktober 2024
  • Depok, 5 – 6 November 2024
  • Jakarta, 12 – 13 November  2024
  • Bandung, 26 – 27 November 2024
  • Jakarta, 3 – 4 Desember 2024
  • Depok, 10 – 11 Desember 2024
  • Jakarta, 18 – 19 Desember 202

Jadwal bisa disesuaikan, dengan menghubungi Online Marketing.

Fasilitas Training

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • Jacket
  • 2x coffee break
  • Makan Siang

Biaya Pendaftaran peserta :

Offline :

  • IDR 4.250.000 (tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi)
  • IDR 3.750.000 (Jika mendaftarkan 2 peserta dalam satu instansi)
  • Minimal peserta 2-3 orang. sudah bisa running

Online :

  • IDR 2.500.000 (Umum)
  • IDR 1.500.000 (Mahasiswa/Fresh Graduate)

*Dowload Brosur Pelatihan*

Hubungi Kami

Marketing Office:
Phone/Fax : 021-7715137
Online Marketing:
Ahmad : 0812-9709-1643
Email:
training@msi-consulting.co.id
Website:
www.msi-consulting.co.id

Bookmark the permalink.

Comments are closed.