Konsultasi ISO 9001

Konsultasi ISO 9001:2015.

Konsultasi ISO 9001:2015

Konsultasi ISO 9001:2015 Oleh MSI Consulting

Pendahuluan

ISO 9001:2015 adalah standar internasional untuk sistem manajemen mutu yang paling banyak diakui dan diadopsi oleh lebih dari 150 negara di dunia.

ISO 9001:2015 bukan merupakan instrumen yang diwajibkan, tetapi tidak dapat dipungkiri di dalam mata rantai perdagangan dunia mempersyaratkan pentingnya ISO 9001:2015 untuk memastikan adanya pemenuhan terhadap persyaratan dan tujuan kepada kepuasan pelanggan.

Secara umum ISO 9001:2015 dapat diimplementasikan pada beragam bentuk dan ukuran organisasi, baik organisasi yang bergerak dalam kegiatan industri manufaktur (Perusahaan), jasa (Rumah Sakit / Kantor Pemerintah) atau organisasi pendidikan / yayasan (Perguruan Tinggi / Sekolah).  Oleh karena itu adalah sebuah langkah tepat dan strategis bagi dunia usaha di Indonesia agar melangkah ke depan untuk mendapatkan pengakuan global terhadap sistem manajemen mutu yang diterapkan melalui sertifikasi ISO 9001.

Sistem Manajemen ini diperuntukkan bagi organisasi yang menghendaki adanya pengembangan bisnis yang terukur dan terstruktur. Dengan adanya konsultasi ISO 9001:2015 ini diharapkan dapat meningkatkan produktiftas dan efektifas kinerja organisasi dalam mencapai target-target yang telah ditetapkan dan untuk dapat bersaing di dunia usaha secara global.

Maksud Dan Tujuan

Adapun Maksud dan tujuan Konsultasi dan Pelatihan ini adalah:

  • Memperbaiki sistem manejemen yang telah ada dan melakukan upaya peningkatan terus menerus dan berkelanjutan dengan penerapan Sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 yang efektif dan efisien sehingga bermuara pada perbaikan mutu produk / jasa.
  • Memberikan pemahaman mengenai sistem manajemen mutu ISO 9001 dan penerapannya dalam organisasi serta membantu organisasi  untuk mengidentifikasi proses-proses yang dibutuhkan,  membuat rancangan sistem, serta menentukan metode dan kriteria dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian proses-proses.
  • Membantu organisasi  dalam menyiapkan dokumentasi yang diperlukan untuk dapat memenuhi persyaratan standar ISO 9001:2015 dan menjamin efektivitas penerapan sistem.
  • Menyiapkan personal organisasi  (tim ISO dan tim Audit) agar dapat menerapkan system manajemen secara efektif dan efisien serta dapat melakukan audit sistem manajemen secara internal dan mandiri.
  • Mengantar organisasi  untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2015

Manfaat Konsultasi ISO 9001

Manfaat yang akan didapatkan dari implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 antara lain:

  • Internal:
    • Memiliki sistem dokumentasi yang lebih teratur dan lebih konsisten dalam penerapannya.
    • Menjamin dan meningkatkan konsistensi untuk melakukan tindakan perbaikan dan pencegahan pada proses perencanaan, produksi, dokumentasi dan aktifitas perusahaan lainnya secara terus menerus dan berkelanjutan serta menyeluruh.
    • Dengan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 secara baik dan konsisten dapat meningkatkan produktifitas, efisiensi dan efektifitas operasi yang berpengaruh terhadap upaya pengurangan biaya produksi yang dapat dilakukan penghematan, secara tidak langsung mengurangi adanya rework yang merupakan faktor pemborosan waktu dan biaya.
    • Sistem kerja yang baik dan konsisten akan semakin meningkatkan moral dan kepedulian pekerja untuk semakin meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.
  • Eksternal:
    • Memperlihatkan kepada pelanggan keseriusan dan komitmen perusahaan dalam menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015.
    • Menambah kredibilitas dan keyakinan dalam pandangan pelanggan.
    • Meningkatkan citra perusahaan di dunia bisnis baik di dalam maupun di luar negeri.

Ruang Lingkup Konsultasi ISO 9001

Program konsultasi Dan Pelathan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ini meliputi:

Strategi

Melalui komitmen dan kepemimpinan dari manajemen puncak, organisasi akan mampu membangun Sistem Manajemen yang didukung secara penuh oleh seluruh jajaran karyawannya. Terdapat delapan prinsip manajemen mutu yang dapat membantu meningkatkan ataupun mensukseskan proses implementasi ISO 9001:2015 ini. Prinsip-prinsip tersebut antara lain adalah.

  1. Customer Focus : Semua aktifitas perencanaan dan implementasi sistem digunakan untuk memberikan kepuasaan pada pelanggan dan metode untuk mendapatkan umpan balik pelanggan
  2. Leadership: Top management berfungsi sebagai leader dalam mengawal implementasi system bahwa semua gerak organisasi selalu terkontrol dalam satu komando dengan komitmen yang sama dan gerak yang sinergi pada setipa elemen oraganisasi.
  3. Keterlibatan semua orang : Semua elemen dalam organisasi terlibat dan concern dalam implementasi sistem manajemen mutu sesuai fungsi kerjanya masing-masing.
  4. Pendekatan proses : Aktifitas implementasi sistem selalu mengikuti alur proses yang tejadi dalam oraganisasi. Pendekatan pengelolaan proses dipetakan melalui proses bisnis. Dengan demikian, pemborosan karena proses yang tidak perlu bisa dihindari atau sebaliknya.
  5. Pendekatan sistem ke manajemen : Implementasi sistem mengedepankan pendekatan pada cara pengelolaan (manajemen) proses bukan sekedar menghilangkan masalah yang terjadi.
  6. Perbaikan berkelanjutan : Selalu melakukan improvement.
  7. Pendekatan fakta sebagai dasar pengambilan keputusan : Setiap keputusan dalam implementasi sistem selalu didasarkan pada fakta dan data.
  8. Kerjasama yang saling menguntungkan dengan pemasok : Supplier bukanlah pembantu, tetapi mitra saling usaha, karena itu harus terjadi pola hubungan saling menguntungkan.

Metodologi Dan Jasa Yang Diberikan

Konsultasi ISO 9001:2015 yang ditawarkan MSI-Consulting merupakan setup awal sistem manajemen mutu menggunakan metode pendekatan proses di dalam organisasi, membantu merumuskan perencanaan, mengarahkan pelaksanaan, mengawasi evaluasi dan melakukan monitoring serta memberikan saran dalam tindakan perbaikan dan pencegahan sehingga pengembangan sistem yang berjalan menjadi lebih baik secara terus menerus dan berkelanjutan.

Adapun dalam hal pengembangan dan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 akan dilakukan melalui pendekatan terhadap kebutuhan spesifik perusahaan dengan cara mengaktualisasikan butir-butir elemen ISO 9001:2015 ke dalam proses bisnis yang ada dan dilaksanakan dalam beberapa tahap:

  1. Tahap persiapan infrastruktur sistem, kegiatan ini dimulai setelah penandatanganan kontrak kerja sama dan pembayaran awal telah dilakukan.
    1. Kick Off, komitmen bersama (manajemen, tim, seluruh karyawan dan konsultan) untuk memulai program dan disini juga dijelasan secara rinci teknis pelaksanaan program setiap tahapan berdasarkan kesepakatan bersama.
    2. Gap Analisys / Preliminary Assessment, bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap sistem manajemen yang telah ada di perusahaan terhadap standar ISO 9001:2015. Pada tahap ini konsultan akan melakukan audit sistem secara keseluruhan, baik yang sedang dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan melalui pengumpulan dokumen dan wawancara. Hasil audit tersebut akan ditinjau dan dianalisa untuk mengetahui kekurangan sistem yang telah ada terhadap persyaratan standar ISO 9001:2015.
    3. Executif Briefing, penjelasan terhadap hasil tinjauan dan analisa Gap Analisys yang dilakukan konsultan
    4. Training of Bussines Proses Mapping.
    5. Training of Documentation.
    6. Training of ISO 9001:2015 Requirement.
  2. Tahap persiapan infrastruktur sistem, kegiatan ini dimulai setelah penandatanganan kontrak kerja sama dan pembayaran awal telah dilakukan
  3. Tahap pengembangan sistem, kegiatan ini dilaksanakan setelah pembayaran kedua telah dilakukan.
    • Consultation of Program 1 – 2
    • Development of Program 1 – 2
    • Review of Program 1 – 2
  4. Tahap Persiapan Sertifikasi, kegiatan ini dilaksanakan setelah pembayaran ketiga telah dilakukan
    • Training Internal Quality Audit
    • Quality Audit Second Party by Consultant
    • Consultation of Consultant Audit Findings
    • Training Resfreshing ISO 9001:2015 (optional)
    •  
  5. Tahap sertifikasi ISO 9001:2015
    • Consultation of Pre-assessment Audit Findings
    • Consultation of Final-assessment Audit Findings
  6. Tahap laporan akhir konsultasi, kegiatan ini dilaksanakan setelah pembayaran akhir telah dilakukan
    • Saran-saran untuk perbaikan
    • Pelatihan Lainnya (optional)

Keuntungan Kerjasama Dengan MSI-Consulting

Konsultan kami memiliki komitmen bersama untuk secara optimal memberikan layanan kepada pelanggan kami, meliputi:

  • Full Service. Sebagian besar perusahaan konsultan membatasi layanannya, tetapi bagi kami, layanan yang memang diperlukan secara luas akan selalu kami berikan pada klien, karena setiap layanan memiliki tujuan pencapaian dan disini kami hadir untuk memberikan fasilitas dan berperan sebagai pembimbing dan pelatih
  • Experienced Consultants. Konsultan kami adalah praktisi yang sudah berpengalaman di bidangnya.
  • Intensive consultancy. Konsultan kami dapat dihubungi diluar jadwal konsultasi, di luar kondisi khusus. Klien dapat selalu berdiskusi sepanjang waktu dalam penyusunan dan penerapan sistem.
  • Goal Competency. Bagi kami pemahaman dan kompetensi adalah hal yang paling utama dalam penerapan sistem sedangkan sertifikasi adalah akibat yang ditimbulkan dari sistem yang diterapkan secara efektif dan efisien. Karena itu kami berani memberikan jaminan.
  • Certification Guarantee. Msi-consulting memberikan jaminan sertifikasi.

Biaya Konsultasi Dan Pelatihan

Biaya paket konsultasi ISO 9001, tergantung pada:

  • Jumlah Karyawan
  • Kompetensi Karyawan
  • Luas Area
  • Jumlah Site
  • Lokasi Site

Hubungi Kami

Marketing Office:
Phone/Fax : 021-7715137
Online Marketing:
Milzam : 0898-9110-933 (Whats App)
Email:
training@msi-consulting.co.id
Website:
www.msi-consulting.co.id

 

Bookmark the permalink.