Mutu Pelayanan

Mutu Pelayanan

Manajemen Mutu

Mutu Pelayanan

Pemahaman Mutu

Apa yang dimaksud Mutu?

Sebelum mutu itu dikelola atau di “manage”, perlu terlebih dahulu dipahami apa itu mutu. Dalam keseharian kita sudah sering terpapar dengan kata “mutu”, namun ternyata mutu sendiri tidak memiliki definisi yang pasti. Berikut ini adalah beberapa definisi mengenai mutu :

  1. “Mutu adalah kepatuhan terhadap persyaratan atau spesifikasi “ (Philip Crosby, 1978)
  2. “Mutu adalah melakukan hal yang benar sejak pertama kali dan melakukannya lebih baik pada saat yang berikutnya”. (Al-Assaf-1990)
  3. Mutu adalah memenuhi persyaratan yang diminta konsumen, baik konsumen internal maupun eksternal dalam hal layanan, dan produk yang bebas cacat”. (IBM, 1982)
  4. “Mutu merupakan suatu proses pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen baik internal maupun eksternal. Mutu juga dapat diatrikan sebagai suatu proses perbaikan yang bertahap dan terus menerus.” (Al Assaf.1998)

Mutu Pelayanan Kesehatan

Indikator Mutu Pelayanan Kesehatan
Mutu Pelayanan

Indikator Pelayanan Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa contoh indikator yang berkaitan dengan bidang kesehatan:

  • Kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan bagi ibu-ibu dan anak-anak
  • Pertolongan persalinan oleh petugas terlatih
  • Prosentase anak terancamrisk yang telah di imunisasi terhadap penyakit infeksi masa kanak-kanak
  • Tersedianya obat-obatan esensial sepanjang tahun
  • Aksesbilitas lembaga-lembaga rujukan
  • Rasio jumlah penduduk terhadap berbagai jenis tenaga kesehatan di pelayanan kesehatan dasar dan di tingkat-tingkat rujukan.
Indikator Status Kesehatan :
  • Prosentase bayi-bayi yang dilahirkan dengan berat badan pada waktu lahir paling sedikit 2500 g
  • Prosentase anak berat badannya menurut umur dengan norma-norma tertentu
  • Indikator-indikator perkembangan psikososial anak-anak
  • Angka kematian bayi
  • Angka kematian anak
  • Angka kematian anak dibawah lima tahun
  • Harapan hidup pada umur tertentu
  • Angka kematian ibu
  • Angka kematian menurut jenis penyakit tertentu
  • Angka cacat tubuh
  • Indikator-indikator patologi sosial dan mental, seperti angka-angka bunuh diri, kecanduan obat, kejahatn, kenakalan remaja, minum minuman keras, merokok, kegemukan, penggunaan obat-obat terlarang.

Mengukur mutu pelayanan kesehatan baik di tingkat primer seperti Puskesmas dan tingkat lanjut seperti rumah sakit memerlukan indikator mutu yang jelas. Namun menyusun indikator yang tepat tidaklah mudah. Kita perlu mempelajari pengalaman berbagai institusi yang telah berhasil menyusun indikator mutu pelayanan kesehatan yang kemudian dapat digunakan secara efektif mengukur mutu dan meningkatkan mutu.

Kami juga menyediakan jasa :

Hubungi Kami

Marketing Office:
Phone/Fax : 021-7715137

Online Marketing:
Milzam : 0812-9709-1643 (Whats App)
Email:
training@msi-consulting.co.id
Website:
www.msi-consulting.co.id

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *